Herodotus

Herodotus sang Bapak Pembohong Sejarah Dunia

Herodotus

Herodotus sang Bapak Pembohong Sejarah Dunia

Herodotus dikenal luas sebagai Bapak Sejarah Dunia, namun, ia juga sering dijuluki sebagai Bapak Pembohong. Herodotus, seorang pelopor dalam sejarah Yunani kuno, mengembara luas dan mencatat kisah-kisah menakjubkan dari masa lalu. Kontribusinya yang paling terkenal adalah seri buku berjudul “The Histories/Kisah,” yang diterbitkan pada abad ke-5 SM.

Proyek ambisius ini mencakup peristiwa sejarah yang sebenarnya, termasuk riwayat penguasa, pertempuran terkenal, dan geografi. Setelah kesuksesan “The Histories,” Herodotus diberi gelar “Bapak Sejarah” oleh penulis Yunani Marcus Tullius Cicero, gelar yang melekat padanya selama berabad-abad.

Namun, Herodotus juga dikenal karena kisah-kisah berwarna-warni yang terkadang sulit dipercaya, yang memunculkan keraguan tentang keandalannya sebagai sejarawan. Beberapa cerita terkenal dalam “The Histories/Kisah” Herodotus termasuk ular yang bisa terbang dan semut raksasa pembunuh unta.

Mitos Cerita Sejarah Herodotus Tentang Hewan

Bapak sejarah Herodotus memang sudah sangat populer di kalangan sejarawan dan siapa saja pasti telah mengetahuinya. Dan juga, untuk cerita-cerita yang telah dibuat oleh beliau sangat kontra dengan hukum alam pada umumnya. Contohnya akan dijelaskan seperti beberapa kisah cerita yang langsung dibuat Herodotus sebagai berikut ini:

  • Ular Yang Bisa Terbang

Salah satu cerita terkenal dari “The Histories/Kisah” Herodotus adalah tentang ular yang bisa terbang. Menurut Herodotus, di Arab terdapat ular yang mampu mengelilingi dahan-dahan pohon dan melayang di udara seolah-olah mereka sedang terbang. Orang Arab dikatakan mengumpulkan ular-ular ini untuk dijual kepada orang Mesir dengan tujuan untuk digunakan di dalam kuil-kuil mereka.

Meskipun cerita ini mungkin terdengar seperti mitos belaka, ada kemungkinan bahwa ada kebenarannya. Beberapa spesies ular, seperti ular pohon surga, dapat meluncur di udara dengan meratakan tubuh mereka dan menggunakan sisik mereka untuk menciptakan gaya angkat.

Jadi, sementara ular-ular yang digambarkan oleh Herodotus mungkin tidak benar-benar bisa terbang, mereka mungkin mampu meluncur dalam jarak pendek.

  • Semut Raksasa Membunuh Seekor Unta

Kisah lain yang terkenal dari “The Histories” Herodotus adalah tentang semut raksasa yang membunuh unta di India. Herodotus menggambarkan semut-semut ini sebesar rubah dan menyerang unta.

Cerita ini telah diperdebatkan oleh para sejarawan, dan juga ada beberapa berpendapat bahwa ini mungkin bisa dikatakan hanya fiksi seorang Herodotus. Namun, cerita tersebut sudah secara umum diterima sebagai sebuah kisah tentang perilaku dari Xerxes, yang sering dianggap sebagai contoh kesombongan manusia dan kesia-siaan dalam mencoba mengendalikan alam.

  • Seekor Kuda Nil Yang Tidak Terlihat Layaknya Kuda Nil

Herodotus juga mencatat deskripsi yang tidak biasa tentang kuda nil. Ia menggambarkan kuda nil memiliki surai seperti kuda, kuku terbelah, dan punggung miring ke bawah.

Ada beberapa alasan mengapa Herodotus mungkin salah dalam mendeskripsikan kuda nil. Mungkin dia tidak pernah melihat kuda nil secara langsung dan mengandalkan deskripsi dari orang lain atau sumber-sumber kuno. Selain itu, pemahaman ilmiah tentang hewan dan anatominya pada masa itu belum setara dengan pengetahuan yang kita miliki saat ini.

Apakah Bapak Sejarah Herodotus Pembohong?

Meskipun kisah-kisahnya yang kontroversial telah memicu keraguan, kontribusinya dalam menyusun catatan sejarah tetap menjadi tonggak penting dalam literatur sejarah. Dia mempelopori metode investigasi dan dokumentasi peristiwa sejarah yang telah mempengaruhi sejarawan selama berabad-abad

Walaupun ada beberapa ketidakakuratan atau bias dalam catatannya, karya-karyanya masih dianggap sebagai sumber informasi yang berharga tentang Dunia kuno. Karyanya terus memberi inspirasi kepada para sejarawan dan penulis hingga hari ini dalam bidang sejarah Dunia.

Untuk kesimpulannya bapak sejarah Herodotus tidak bisa dikatakan 100% adalah seorang pembohong. Karena disisi lain kita mengetahui pada Dunia kuno, kita sebagai penerus hanya bisa mempercayai apa yang disampaikan oleh para leluhur atau nenek moyang kita. Pada zaman itu tidak ada yang bisa mengetahui pasti apa yang terjadi dan ada benda atau makhluk apa saja saat itu.

Demikian informasi mengenai bapak sejarah Herodotus pada abad pertengahan yang sangat populer. Sampai saat ini juga masih menjadi ikon yang sangat bersejarah oleh para sejarawan di seluruh Negara. Terima kasih telah berkunjung.

Tags: , , , , , , , ,