Peristiwa Sejarah Dunia

Mengulas 7 Peristiwa Sejarah Dunia Abad ke-20

Peristiwa Sejarah Dunia

Mengulas 7 Peristiwa Sejarah Dunia Abad ke-20

Banyak peristiwa sejarah Dunia terjadi pada abad ke-20. Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir, terdapat sejumlah peristiwa penting yang memberikan dampak besar bagi kehidupan manusia saat ini. Semua sejarah harus kita kenang dan kita jadikan panutan untuk kehidupan yang akan datang.

Mulai dari penemuan teknologi, peperangan, hingga wabah penyakit terjadi pada rentang tahun 1900-1999. Sejarah memang begitu menyakitkan namun terkadang ada berita bahagia yang disampaikan Dunia.

5 Peristiwa Penting Dalam Sejarah Dunia

  • Penemuan Penisilin

Pada era tahun 1929, ada seorang ahli bakteriologi yang berasal dari Rumah Sakit St. Mary London, Alexander Fleming. Beliau telah berhasil menerbitkan makalah perihal bahan kimia yang bernama Penisilin.

Dalam tulisannya, Fleming mengatakan penisilin berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri. Penemuan Fleming kemudian dikembangkan oleh Howard Florey dan Ernst Chain pada tahun 1938.

Perkembangan Howard dan Ernst mendobrak dunia medis dengan diperkenalkannya antibiotik untuk tubuh. Penemuan ini diakui sebagai salah satu penemuan terbesar dan tercanggih dalam dunia medis. Antibiotik terus digunakan dalam pengobatan saat ini.

Atas jasanya Fleming, Florey, dan Chain memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1945.

  • Perang Dunia ke-2

Perang Dunia II merupakan perang besar yang melibatkan negara-negara di benua Amerika, Asia, dan Eropa pada tahun 1939-1945. World war II telah membunuh jutaan nyawa orang di seluruh Dunia termasuk Holocaust. Holocaust ialah pembantaian enam juta terhadap orang Yahudi selama Perang Dunia II yang dipimpin bapak Adolf Hitler.

World war II telah sangat mengubah tatanan pada seluruh penjuru Dunia. Setelah terjadinya kejadian besar ini, lahirlah sebuah organisasi Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

  • Penemuan Kartu Kredit

Penemuan kartu kredit membuka jalan baru dalam cara pembayaran di dunia. Ide pembayaran dalam bentuk kartu yang dapat digunakan di berbagai lokasi pertama kali ditemukan pada tahun 1950.

Konsep kartu kredit pada saat itu masih berupa sistem berlangganan dengan toko-toko tertentu menggunakan kartu yang terbuat dari kertas atau karton.

Perusahaan kartu kredit pertama adalah Diners Club yang didirikan pada tahun 1950 dengan 200 pengguna dan berlaku di 14 restoran di New York, Amerika Serikat.

  • Penemuan Laser & CT Scan

Albert Einstein pernah membahas sistem proses amplifikasi cahaya melalui emisi radiasi pada tahun 1917. Namun, baru pada tahun 1960 para ilmuwan mampu mengembangkan konsep tersebut dengan melakukan fungsi laser untuk pertama kalinya.

Pada kehidupan kita sehari-hari, laser sudah banyak digunakan baik untuk keperluan medis, serat optik, pemutar CD, deteksi sidik jari, atau juga pemindaian barcode. Sepuluh tahun kemudian, Sir Godfrey Hounsfield menemukan Computerized Tomography Scanner (CT Scan). Ia menggunakan sinar-X dan pencitraan komputer untuk membuat gambar penampang tubuh.

Penemuan ini membuka era baru dalam dunia kedokteran dan membantu dokter membuat diagnosis yang lebih tepat.

  • Penemuan Kamera Digital

Kamera digital pertama di dunia ditemukan oleh Steven Sassoon pada tahun 1975. Steven Sassoon adalah salah satu seorang insinyur yang berasal dari Eastman Kodak.

Pencipta Sassoon memberikan beragam penemuan baru lain di Dunia kamera. Penemuan kamera digital sudah sangat mengubah aspek kehidupan hingga sampai saat ini.

Ironisnya, sebagai penemu dan pencipta kamera digital, Kodak justru kalah bersaing dan bangkrut pada tahun 2012.

2 Penemuan Modern Pada Era Perkembangan

  • Epidemi HIV

HIV/AIDS adalah salah satu penyakit yang sangat serius dan banyak terdapat di Dunia sampai saat ini. Pertama kali diketahui penyakit HIV pada sekitar tahun 1981 dan langsung diberi nama virus HIV/AIDS. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat melaporkan virus baru yang menginfeksi lima pria homoseksual di Los Angeles.

Beberapa bulan kemudian, semakin banyak kasus ditemukan di seluruh AS. Pada tahun 1982, virus ini diidentifikasi sebagai Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Dari Amerika, virus ini terus menyebar ke seluruh dunia. Hingga saat ini, para ahli terus berupaya mencari obat untuk HIV. Baru-baru ini, para ahli menemukan obat antiretroviral untuk mencegah virus berkembang dan menghancurkan sel-sel tubuh.

  • Penemuan WWW

Alamat situs atau website WWW ditemukan pada bulan Maret 1989 oleh Tim Berners-lee, seorang ahli perangkat lunak yang bekerja di Laboratorium Fisika Partikel Eropa di Jenewa, Swiss. Berners menulis makalah tentang sistem manajemen informasi yang menjadi cikal bakal world wide web.

Pada tahun 1990, Berners membagi konsep menjadi tiga bagian: HTML (HyperText Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), dan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

Penemuan web mengubah cara manusia berkomunikasi dan mendapatkan informasi hingga saat ini. Web juga merupakan alat komunikasi dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah media massa.

Tags: , , , , , , , ,